Monday, April 15, 2013

Prospek Investasi Gaharu

By the early 1990s, the aquilaria tree had been harvested to near extinction in Southeast Asia and was classified as an endangered species leading it to be placed on the Convention for International Trade in Endangered Species (CITIES) list. The listing makes it illegal to harvest or trade the commodity without a CITIES permit. Private sector investment in commercial and sustainable plantations has led the drive to protect the trees in the natural forest by providing a viable substitute. Yet at present, only 35% of global demand is being met by the agarwood producing countries (Forest Research Institute of Malaysia).
 
Pohon gaharu (Aquilaria spp.) adalah pohon termahal didunia (2010), selain dipasarkan didalam negeri juga banyak permintaan dari Timur tengah, Thailand, India, Cina, Jepang, Amerika, dan Eropa.

Sebanyak 2000 ton/tahun gaharu memenuhi pusat perdagangan gaharu di Singapura. Gaharu tersebut 70% berasal dari Indonesia dan 30% dari negara Asia Tenggara lainnya. Hutan alam sudah tidak mampu lagi menyediakan gaharu. Gaharu hasil budidaya merupakan alternatif pilihan untuk mendukung kebutuhan masyarakat dunia secara berkelanjutan.

Jika satu pohon menghasilkan10kg gaharu (semua kelas), maka diperlukan pemanenan 200.000 pohon setiap tahunnya.

Dengan harga dari Rp.500.000 s.d Rp. 30juta/kg tergantung asal spesies pohon dan kualitas pohon. Minyak gaharu yang disuling dari gaharu kelas rendah (kemedangan) memiliki harga mulai dari Rp. 50.000 s.d Rp. 100.000/ml maka keuntungan investasi budidaya gaharu dapat mengubah tingkat kesejahteraan masyarakat.

Berkembangnya nilai guna kayu gaharu yang semakin kompleks, baik untuk industri wewangian, kosmetika, maupun obat herbal, mengakibatkan permintaan pasar akan gaharu meningkat dengan harga jual tinggi. Produksi kayu gaharu yang semula hanya mengandalkan dari hutan alam kini sudah tidak lagi terpenuhi. Sehingga perlu dilakukan budi daya pohon gaharu dengan rekayasa supaya dapat di panen dengan singkat.

No comments:

Post a Comment